Rekomendasi Tempat Wisata di Purbalingga

Tempat Wisata di Purbalingga

Siapa sih yang gatau Purbalingga? Itu lho kota yang terkenal karena knalpot nya yg sudah menembus pasar internasional. Secara total kabupaten ini memiliki luas sekitar 777 km persegi yang terbagi atas 18 kecamatan dan 239 kelurahan.

Ibu kota Kab. Purbalingga adalah Kota Purbalingga. Letak kabupaten ini ada di tengah – tengah Pulau Jawa, sehingga jangan heran jika kabupaten ini tidak memiliki garis pantai sama sekali.
Di sebelah bagian utara Kab. Purbalingga berbatasan dengan Kab. Pemalang. Di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kab.Banjarnegara Dan di sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kab.Banyunas.

Sama seperti kebanyakan daerah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Kab. Purbalingga juga memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai spot wisata alam, spot wisata buatan berupa wahana permainan, sampai dengan spot wisata sejarah semuanya tersedia di kabupaten ini..

Tempat Wisata di Purbalingga yang Menarik Dikunjungi

1. Pemandian Situ Tirta Marta Desa Wisata Karangcegak
Lokasi: Dusun I, Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga

Tempat wisata yang satu ini adalah Pemandian Situ Tirta Marta Karangcegak. Pemandian Situ Tirta Marta merupakan pemandian alami yang terletak di daerah pedesaan di daerah Purbalingga. Pemandian ini berasal dari mata air pegunungan. Karenanya jangan heran jika air di pemandian ini benar – benar sangat bersih dan jernih.

Di sini Anda bisa mandi, berenang, dan berendam sepuasnya. Anda juga bisa mengambil foto di bawah air mengingat kondisi air di pemandian ini yang luar biasa jernih nan indah. Untuk mendukung aktivitas wisata di sini, pengelola tempat ini telah menyediakan beranekaragam fasilitas wisata yang lengkap, seperti kamar mandi, kamar ganti, warung makan, dll.

Lokasi Pemandian Situ Tirta Marta ada di Dusun I, Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung hanya perlu membayar uang tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Apabila anda ingin menyewa ban pelampung, anda cukup membayar uang sewa sebesar 5 ribu, dan jika ingin berfoto di bawah air harus membayar sebesar 150 ribu rupiah. Sungguh murah bukan? 

Murah,Indah,Asri... Jadi tunggu apa lagi ?

2. Desa Wisata Serang
Lokasi: Karangreja, Gerdu, Kec. Serang, Kab. Purbalingga


Tempat wisata di Purbalingga yang berikutnya adalah Desa Wisata Serang. Desa Wisata Serang terletak di Daerah Karangreja, Gerdu, Serang, Purbalingga, Jawa Tengah. Di desa ini Anda bisa berkunjung ke beberapa spot wisata seperti wisata petik buah stroberi, taman kurcaci, rest area yang sejuk, air terjun, dll.

Berstatus sebagai desa wisata, Desa Serang telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang sangat memadai. Untuk itu, saat berkunjung ke desa ini, Anda tidak perlu takut “sengsara” sama sekali meskipun akses menuju desa yang terbilang susah.

Udara disini sangatlah sejuk nan asri yang membuat siapapun yang mengunjungi tempat ini seakan akan tidak ingin pulang lagi ke rumah

3. Curug Sumba
Lokasi: Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Curug Sumba merupakan salah satu tempat wisata baru di Purbalingga yang belum banyak diketahui oleh wisatawan.Curug ini menawarkan daya tarik berupa kawasan air terjun yang dialiri dengan air berwarna biru kehijauan (hijau tosca) yang sangat bersih dan jernih.

Mirip seperti kebanyakan air terjun di daerah – daerah lainnya, di bagian bawah air terjun ini ada kubangan / kedung yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar berendam, berenang, dan bermain air. Kalaupun Anda tidak bisa berenang, Anda bisa bermain di areal taman atau bersantai di area saung yang memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk para wisatawan yang datang.

Curug ini sudah bisa dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul setengah 5 sore walaupun masih ada beberapa tahap pembangunan .Untuk masuk, pengujung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah per orang dan uang parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah per kendaraan.

4. Curug Tempuran
Lokasi: Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Kab. Purbalingga

Tempat wisata yang satu ini terletak di Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.Curug ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Purbalingga yang masih terjaga dengan baik.

Hal ini terbukti dengan kondisinya yang masih sangat alami. Bahkan sangking alaminya wilayah perairan di sekitar curug ini, banyak masyarakat sekitar yang menjadikannya sebagai spot untuk memancing.

Di hari normal curug ini bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop. Walaupun begitu waktu terbaik untuk datang ke curug ini ada di pagi hari yaitu saat kondisi daerah sekitar belum begitu panas.

5. Museum Uang Purbalingga
Lokasi: Jl. Raya Kutasari-Tobo, Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Bukan Hanya Uang Indonesia Saja, Uang Luar Negeri pun Ada di Sini. Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan anak dan keluarga. Di sini Anda bisa melihat berbagai macam koleksi uang, baik itu uang Indonesia maupun uang negara lain.

Museum Uang Purbalingga terletak di Jl. Raya Kutasari – Tobo, Dusun II, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari dari mulai Pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.


Ya mungkin sampai sini saja beberapa rekomendasi tempat wisata di Purbalingga, Tetap patuhi protokol kesehatan di masa masa pandemi seperti ini ya kawan"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Varian Rasa Indomie Terenak

Beberapa Cara Mudah Mempelajari Bahasa Inggris

Laptop Kamu Lemot? Mungkin Inilah Penyebabnya