Tips Hemat Anak Kos

Hemat Ala Anak Kost

Hidup menjadi anak kost memang memiliki suka duka tersendiri. Yang jelas hidup menjadi anak kost tak seperti hidup dengan orang tua yang mana keperluan apapun selalu dimudahkan. Mau makan ada yang masakin, mau nyuci ada yang nyuciin dan masih banyak lagi. Namun sebagai anak kost, kita dituntut untuk bisa mandiri dan bertahan hidup dengan segala keterbatasan.

Anak kost mungkin sudah terbiasa dengan siklus masa kaya dan miskin yang selalu mereka hadapi tiap bulannya. Bagi anak kost awal bulan adalah masa mereka menjadi kaya karena baru mendapat kiriman uang dari orang tua ataupun baru mendapat gaji dari tempatnya bekerja. Namun saat akhir bulan datang, mereka akan mengalami masa miskin dimana untuk makan nasi Padang saja mereka harus berpikir ribuan kali. Saat akhir bulan tiba, tak jarang anak kost dituntut untuk berjuang untuk bertahan hidup dengan uang yang tinggal beberapa lembar.

Nah buat anak kost yang ingin akhir bulannya gak melarat atau miskin, berikut ini ada beberapa cara atau tips yang bisa kamu ikuti agar diakhir bulan hidupmu gak miskin-miskin amat. Berikut Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost!




1. Buat List Pengeluaran Untuk 1 Bulan

Yang pertama, buat daftar pengeluaran yang gak melebihi uang saku dari orangtua. Dengan belajar hal ini, kamu berlatih buat terbiasa atur keuangan kamu di masa mendatang. Gimana cara memulainya? Kamu bisa bikin daftar pengeluaran mulai dari yang terpenting sampai rekreasi.
Segera sisihkan uang untuk hal terpenting, seperti bayar kos, uang kuliah, listrik, dan belanja bulanan.

2. Jatah Pengeluaran Uang Per hari

Nah, buat makan per hari, kamu bisa jatah uang saku yang disimpan dalam amplop. Jangan lupa juga sisihkan uang transportasi yang kamu butuhkan per hari. Dengan cara ini, kamu bakal meminimalisasi keinginan buat belanja yang gak penting. Ini karena uang yang kamu pegang pas-pasan hanya buat hari itu.

3. Kumpulin Uang Receh

Uang receh emang gak gitu berharga kalau di awal bulan. Akan tetapi, di akhir bulan uang itu ibarat harta karun. Namun kali ini, tujuan kamu mengumpulkan uang receh kalau bisa bukan karena kepepet. Sebenarnya mengumpulkan uang receh itu adalah bagian dari menabung.

Kamu belum bisa menabung dalam jumlah besar, jadi mulai deh dari nominal-nominal terkecil. Uang Rp 1.000 gak gitu bermanfaat, namun kalau dikumpulkan pasti jadi nominal besar. Jadi, mulai sekarang kalau dapat kembalian receh dari minimarket atau swalayan, segera tabung.

4. Hindari Kegiatan Kurang Penting

Selain makan, kegiatan kurang penting juga turut bikin uang saku kamu terkikis pelan-pelan tapi pasti. Contohnya aja, nonton bioskop setiap minggu, ikut nongkrong di mall bareng teman-teman, atau jalan-jalan.

Rekreasi boleh aja, tapi ada baiknya gak sering-sering. Gak cuma menghabiskan uang saku, waktu kamu juga bakal terbuang gitu aja. Alternatif lainnya, kamu dan teman-teman kamu gak usah hang-out, tapi main di kos aja biar hemat. Tetap bisa bareng teman, uang aman.

5 Belanja Bulanan Sekaligus

Belanja rutin bulanan dilakukan secara kecil-kecil alias mencicil memang terasa ringan. Tapi, tidak demikian pada akhirnya. Justru yang ada bisa membuat anggaran belanja rutin kamu malah membengkak tanpa disadari. Untuk itu, hindari bolak-balik berbelanja kebutuhan bulanan. Pasalnya, justru akan membuat kamu boros. Lakukan kegiatan belanja bulanan sekaligus, dimana kamu membeli semua kebutuhan selama sebulan penuh hanya satu kali saja, misalnya peralatan mandi, makanan tahan lama, camilan, dan sebagainya. Ini akan membantu kamu untuk lebih mudah dalam mengelola pengeluaran.

Sebab kamu tidak akan berulang kali pergi ke supermarket dan berulang kali pula tergoda untuk belanja barang-barang lainnya yang mungkin sebenarnya tidak kamu butuhkan, istilahnya adalah lapar mata. Untuk menghindari pembengkakan uang belanja, wajib bagi kamu agar hanya membawa sejumlah uang belanja yang cukup atau pas dengan harga barang-barang yang akan kamu beli.

Yuk, lakukan cara hidup hemat ini, biar bulan depan kamu gak harus makan mi instan setiap di akhir bulan!

Terimakasih untuk yang sudah membaca artikel saya sampai akhir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Varian Rasa Indomie Terenak

Beberapa Cara Mudah Mempelajari Bahasa Inggris

Laptop Kamu Lemot? Mungkin Inilah Penyebabnya