5 Makanan Khas Purbalingga yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Purbalingga yang Wajib dicoba


Heyyo jumpa lagi di BlogQ, gimana liburannya besok? dah tau mau kemana apa belum? Kalo belum coba deh cari Rekomendasi Tempat Wisata di Purbalingga. Eeittss.. tapi dah tau juga belum makanan enak khas Purbalingga yang rasanya udah ga diragukan lagi. 

Cussss langsung aja kita liat bareng apa aja..!!!


1.Tempe Mendoan Purbalingga


Siapa si yang gatau mendoan? ini lho makanan khas pertama yang wajib kamu cicipi ketika mampir di Purbalingga adalah tempe mendoan Purbalingga.

Mendoan khas Purbalingga adalah tempe yang diiris tipis kemudian dicelupkan ke dalam tepung yang sudah dibumbui rempah khas seperti ketumbar, bawang putih dan haram. Tak lupa dicampur juga dengan daun bawang.

Kamu bisa menemukan mendoan Purbalingga di pinggir jalan. Karena memang banyak yang menjualnya. Harganya juga terjangkau. Hanya sekitar seribu rupiah saja.

2. Nopia

Selanjutnya makanan khas Purbalingga yang masih berupa jajanan. Sebuah kue khas yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu.

Bentuknya bulat dan memiliki banyak sekali varian rasa di dalamnya. Misalnya saja varian keju, gula merah dan susu.

Nopia diolah dengan cara ditempelkan di dinding gentong. Unik, kan? Harganya pun hanya sekitar rata-rata 8 ribu-an. Tergantung varian rasanya.

3. Sroto Kriyik


Nah tadi berhubungan dengan jajanan, sekarang kita masuk ke makanan daerahnya, salah satuya adalah sroto. Sroto merupakan salah satu makanan yang terkenal di wilayah Purbalingga dan sekitarnya.

Sroto ini biasanya disajikan dengan sambal kacang yang pedas agak manis, menggunakan ketupat bukan nasi, serta ditaburi suwiran daging dan remasan krupuk.

Sroto Purbalingga sangat terkenal terutama sroto kriyiknya, setelah daging ayam disuwir untuk sroto, maka tulang lunak dari dada ayam digoreng kering dan kemudian disajikan sebagai lauk sroto. Rasanya garing serta gurih yang itu sebabnya disebut sroto kriyik.

Salah satu yang terkenal akan sroto kriyiknya adalah Warung Sroto Bojong yang terletak di desa Bojong Purbalingga. Harga semangkuk sroto kriyik ini adalah Rp10.000.

4.Sate Blater

Sate blater merupakan salah satu sate yang cukup terkenal di Purbalingga, disebut Sate Blater karena asal mula sate ini dari Desa Blater, Kecamatan Kalimanah.
 
Bahan dasar sate ini sama pada umumnya namun, Sate Blater sedikit berbeda dengan sate Madura atau sate ayam lainnya. Perbedaannya dapat dilihat dari cara memasaknya, jika pada umumnya sate dibakar saat daging masih mentah, untuk sate blater ini sebelum proses pembakaran, sate direndam dan direbus terlebih dahulu dengan campuran bumbu-bumbu khusus.

Kemudian saat dibakar pun masih berkali-kali dilumuri bumbu yang sama. Hal ini membuat cita rasanya memang sangat terasa hingga gigitan terakhir. Dari proses memasak ini, sate blater dapat bertahan lebih lama dibanding sate lain, umumnya sate blater bisa tahan hingga tiga hari.

Warung sate blater banyak tersedia di Jalan Mayjend Sungkono, Purbalingga. Disini banyak berjejer warung sate dan juga ada menu olahan lainnya. Harga se-porsi sate Blater adalah Rp 12.000 dengan 10 tusuk sate.

5. Gulai Melung


Selanjutnya ada Gulai Melung, salah satu warung gulai melung yang terkenal adalah warung gulai melung Bu Hadi yang terletak di Dukuh Melung, Desa Larangan, Pengadegan.

Gulai ini dibuat menggunakan bahan dasar daging kambing, selain dagingnya, ada juga tulang kambing, jeroan, sumsum, babat, kaki kambing, dan kepala kambing. Bisa dikatakan, seluruh bagian tubuh kambing dimanfaatkan oleh warung ini untuk diolah menjadi gulai sehingga pelanggan bisa memilih bagian kambing mana yang paling disukai.

Selain itu olahan gulai juga dibuat bermacam-macam. Gulai ini disajikan dengan ketupat, kemudian daging dan kuah gulai disajikan terpisah di mangkuk. Yang spesial lagi dari gulai melung ini, proses memasaknya masih dengan peralatan tradisional yaitu dengan tungku serta kayu bakar, yang dapat menjaga cita rasa dari gulai.

Harga seporsi gulai melung mulai dari Rp 15.000 bervariasi tergantung  bagian kambing mana yang dipilih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Varian Rasa Indomie Terenak

Beberapa Cara Mudah Mempelajari Bahasa Inggris

Laptop Kamu Lemot? Mungkin Inilah Penyebabnya